Sabtu, 09 April 2011

pendekatan dan metodologi dalam keterampilan istima'

Pengertian pendekatan Strategi Metode dan Teknik
Sebelum kita membahas tentang pendekatan dan strategi dalam pembelajaran keterampilan mendengar maka terlebih dahulu kita harus tahu apa itu keterampilan mendengar, Menurut Ahmad Fuad Effendi dalam Bukunya Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab mendengar adalah suatu keterampilan yang bertujuan agar siswa dapat mengidentifikasi bunyi-bunyi bahasa Arab secara tepat ( Effendy: 2003,101).
Dalam proses pembelajaran terdapat berbagai istilah yaitu pendekatan, startegi, metode dan teknik dan sebelum kita membahas mengenai pendekatan, startegi, metode dan teknik pembelajaran keterampilan mendengar terlebih dahulu kita harus memahami pengertian dari istilah-istilah memahami pengertian dari istilah-istilah tersebut.
Menurut Akhmad Sudrajat dalam situsnya http://www.sudrajat-pendekatanpembelajaran.ac.id mengatakan pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang kita tehadap proses pembelajaran yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum yang di dalamnya memuat metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
Sedangkan menurut Ahmad Fuad Effendi dalam bukunya Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab mengatakan bahwa pendekatan ialah seperangkat asumsi yang berkenaan dengan hakekat bahasa dan belajar mengajar bahasa (Effendy : 2003,6)
Dari kedua pendapat di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pendekatan ialah seperangkat asumsi kita terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih sangat umum yang di dalamnya menguatkan sebuah metode tertentu
Menurut H.Agus Maimun dalam http:// lpmpjogja.diknas.go.id startegi adalah cara-cara terntentu yang digunakan secara sistematis dan procedural dalam kegiatan pembelajaran. Masih dalam situs yang sama menurut J.R David mengatakan bahwa dalam startegi pembelajaran terkandung makna perencanaan.
Dari kedua pendapat tersebut dapat kita kita pahami bahwa strategi ialah pembelajaran hyang mengandung makna perencanaan yang digunakan secara sistematis dan procedural dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam http://pelawiselatan.blogspot.com menjelaskan metode merupakan prosedur atau langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran
Sedangkan menurut wina sanjaya metode dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata.
Dari pendapat tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa metode merupakan cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut Oemar Hamalik dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar teknik adalah prosedur atau langkah-langkah yang akan ditempuh proses pembelajaran berlangsung (hamalik; 1993, 4)Sedangkan dalam http://www.slidshare.net/ menuliskan teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesipik.
Jadi dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui teknik ialah cara dan langkah-langkah yang dipakai oleh seseorang di saat pembelajaran berlangsung.
Pendekatan Startegi Metode dan Teknik Yang Efektif Dalam Pemebelajaran Keterampilan Mendengar
Harus disadari bahwa bahasa Arab memang memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda dengan bahasa yang lain. Sesulit apapun, sebenarnya materi dapat disampaikan dengan baik jika ditopang oleh pendekatan dan strategi yang tepat. Terkait dengan hal itu, terdapat beberapa pendekatan dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat meningkatkan efektivitas dalam melakukan proses pembelajaran. Dalam sebuah jurnal pemikiran alternative kependidikan yang berjudul Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dijelaskan bahwa ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa arab diantaranya pendekatan kemanusiaan (humanistic approach), pendekatan berbasis media (media based approach), pendekatan mendengar-mengucapkan (aural oral approach), pendekatan analisis dan nonanalisis (analitycal and unanalitycal approach), pendekatan komunikatif (communicative approach) Pendekatan all in one system dan pendekatan parsial (parsial approach)
 Pendekatan Kemanusian (Humanistic Approach)
Pendekatan ini memberi tempat yang utama pada peserta didik karena mereka adalah subjek utama dalam kegiatan pendidikan. Pendekatan ini berasumsi bahwa peserta didik memiliki potensi, kekuatan, dan kemampuan untuk berkembang.
 Pendekatan Berbasis Media (Media Based Approach)
Pendekatan ini bertujuan untuk melengkapi konteks yang menjelaskan makna kata-kata, struktur, dan istilah-istilah kebudayaan baru melalui gambar, peta, foto, contoh model yang hidup, kartu, dan segala sesuatu yang dapat membantu menjelaskan makna kata yang asing pada peserta didik.
 Pendekatan Mendengar-Mengucapkan (Aural Oral Approach)
Pendekatan ini mengandaikan bahwa bahasa adalah apa yang didengar dan diucapkan, bukan simbol, sedangkan tulisan hanyalah representasi dari ujaran. dapat dikatakan bahwa bahasa adalah ujaran. Pembelajaran bahasa harus dimulai dengan mendengarkan bunyi-bunyi bahasa yang berbentuk kata dan kalimat.
 Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach)
Sesuai dengan fungsi kompetensinya, penyajian bahasa hendaknya lebih menekankan kepada kegiatan komunikasi aktif dan praktis.
 Pendekatan All In One System
Pendekatan ini berasumsi pengajaran bahasa harus dimulai dengan mengajarkan kemahiran menyimak atau mendengarkan bunyi bahasa dalam kata atau kalimat, dan melatih pengucapannnya sebelum pelajaran membaca dan menulis dilakukan.
 Pendekatan Parsial (Parsial Approach)
Pendekatan ini memandang secara parsial sesuai dengan kebutuhan, sehingga pembelajaran diarahkan pada aspek tertentu dalam bahasa. Pendekatan semacam ini dalam pembelajaran dimulai dari rumusan-rumusan teoritis dan menggunakan
metode klasik
Dari beberapa pendekatan yang telah disebutkan tadi dapat kami simpulkan bahwa pendekatan yang sesuai dan efektif dengan pembelajaran keterampilan mendengar ialah pendekatan aural oral approach ( السمعية النطقية) karena dalam pendekatan ini lebih menekankan pada aspek keterampilan mendengar kemudian melatih peserta didik untuk melafalkan bunyi-bunyi huruf dari awal sampai akhir.
Telah kita ketahui bahwasannya metode dalam pembelajaran bahasa Arab tidak hanya satu akan tetapi banyak menurut Sofyan Sauri dalam makalahnya yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab yang mengutip dari William F. Mackey metode pembelajaran bahasa asing setidaknya memiliki lima belas macam diantaranya : Phonetics Method, Reading Method, grammer method, translation method dan grammar-translation method dan sebagainya.
Sedangkan Menurut Munir dalam Bukunya Perencanaan System Pembelajaran Bahasa Arab menuliskan bahwa Seorang guru dapat menerapkan metode langsung (الطريقة المباشرة) dalam pembelajaran keterampilan mendengar yaitu dengan memberikan contoh langsung kata-kata yang mengandung bunyi huruf dari أ-ي baik yang berharokat fatha dhommah kasroh maupun sukun, metode ini menekankan pada latihan sebanyak mungkin mendengarkan bunyi-bunyi huruf dalam setiap kesempatan pembelajaran. Adapun teknik dalam proses pemebelajaran keterampilan mendengar dapat dibagi dalam empat tahapan yaitu: (Munir, 2006: 158).
• At-taqdim adalah tahap seorang guru bahasa Arab menyampaikan materi dengan penekanan pada aspek melafalkan bunyi huruf dengan fasih, baik dari makhraj maupun sifatm baik bunyi huruf hidup maupun mati \dengan gaya pengungkapan huruf maupun kata-kata secara tepat.
• Al-muhakah wa at-tikrar adalah tahapan di mana seorang guru bahasa Arab melatih istima’ dengan cara menyampaikan ungkapan-ungkapan bunyi hurufm lalu diikuti oleh semua peserta didik.
• At-tamayyuz tahapan ini pada dasarnya merupakan bentuk detail dari tahap sebelumnya, yaitu tahap pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek memahami karakterisk bunyi huruf secara baik.
• Al-isti’mal
Dalam sebuah jurnal pemikiran alternative kependidikan yang berjudul Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dijelaskan bahwa masih ada strategi alternative yang dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan aswat dan mendengar diantaranya: dengar-ulang-ucap, dengar-tulis, dan dengar-kerjakan
Kesimpulan
Dari penjabaran di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pengertian dari istilah-istilah dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
• Pendekatan ialah seperangkat asumsi kita terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih sangat umum yang di dalamnya menguatkan sebuah metode tertentu.
• Strategi ialah pembelajaran hyang mengandung makna perencanaan yang digunakan secara sistematis dan procedural dalam kegiatan pembelajaran.
• Metode merupakan cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.
• Sedangkan teknik ialah cara dan langkah-langkah yang dipakai oleh seseorang di saat pembelajaran berlangsung.
Dari penjelasan yang telah diuraikan pada bab dua tadi kami dapat menarik kesimpulan bahawa pendekatan, metode dan teknik yang efektif dalam proses pembelajaran keterampilan mendengar ialah pendekatan aural oral approuch, sedangkan teknik yang efektif terbagi ke dalam empat tahapan yaitu attaqdim, al muhakah, at-tikrar, at-tamayyuz, al-isti’mal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar