Kamis, 21 April 2011

rangkuman metodologi

Rangkuman metodologi pembelajaran bahasa arab
I
I. Pendekatana, metode dan teknik dalam pembelajaran keterampilan
istima’
pendekatan
pendekatan yang digunakan ialah : aoral oral approach, pendekatan ini mengatakan bahwa bahasa adalah apa yang didengar dan diucapkan bukan skimbol.
Metode
Metode yang digunakan ialah ada 2
- Metode sam’yah syafawiyah: yaitu metode pembelajaran dengan cara mendengarkan terlebih dahulu kemudian mengucapkan.
- Metode yang ke-2 yaitu metode langsung, metode langsung dalam pemebelajaran istima’yaitu dengan memberikan contoh langsung kata-kata yang mengandung bunyi huruf dari alif sampai ya’ metode ini menekankan pada latihan sebanyakbanyaknya mendengarkan bunyi huruf.
Teknik metode sam’iyah syafawiyah ada 3
- dengar –ulang – ucap
- dengar – tulis
- dengar – kerjakan
teknik untuk metode langsung ada 4
- at-taqdimm
guru menyampaikan materi dengan menekankan pada aspek melafalkan bunyi huruf
- al-muhakah wa at-tikrar
menyampaikan ungkapan bunyi huruf lalu diikuti oleh siswa.
- at-tamayyuz
guru membimbing siswa untuk memahami karakteristik bunyi huruf secara baik.
- al-isti’mal

II. Pendekatan metode dan teknik dalam pembelejaran keterampilan kalam
• Pendekatan
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komunikatif
Pendekatan komunikatif ialah suatu pendekatan yang menekankan pada kegiatan komunikasi aktif dan praktis.
• Metode
Metode yang digunakan ialah metode langsung dan metode drill
Metode langsung untuk tingkat lanjutan dan metode drill untuk tingkat pemula
Metode drill ialah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dengan jalan melatih anak didik terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan
Metode langsung ialah ialah suatu metode pembelajaran yang mana seorang guru menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pengantar tanpa diselingi bahasa ibu sedikitpun.
Teknik
Teknik
Cari dewek ye……….

III. Pendekatam metode dan teknik dalam pembelejaran keterampilan qiro’ah
Pendekatan
Pendekatan yang digunakan ada 2
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan konseptual, pendekatan konseptual ialah pendekatan yang mengarahkan peserta didik menguasai konsep tujuan agar tidak terjadi kesalahan konsep.
Pendekatan individual ialah pendekatan yang langsung dilakukan oleh guru terhadap anakm didiknya untuk memecahkan kasus anaka didiknya tersebut.
metode
metode yang digunakn ialah metode drill, metode drill ialah metode daam pendidikan dan pengajaran dengan jalan melatih anak-anak didik terhadap bahan pengajaran yang sudah diberikan.
teknik
teknik yang digunakan ialah
SQ3R
Survey, question, read, recite, dan review.

IV. Pendeketan metode dan teknik dalam pembeljaran keterampilan kitabah
Pendekatan yang digunakan ada 2
- pendekatan konseptual ialah pendekatan yang mengarahkan peserta didik menguasai konsep tujuan agar tidak terjadi kesalahan konsep
- pendekatan kontekstual
yaitu pendekatan yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa mebuat hubungan anatara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari

metode
metode yang digunakan ialah metode drill
teknik
- guru memberikan contoh
- guru menyuruh siswa menulisnya
- kemudian guru menyuruh siswa untuk mencari kosa kata lain selain yang sudah disebutkan.
- Kemudian guru menyruh siswa untuk membuat hiwar singkat

V. Pendekatan metode dan teknik dalam pembelajaran qawaid
Pendekatan
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan konseptual
Metode
Metode yang digunakan ialah metode induksi tekstual dan drill
Tekniknya
- guru mengeluarkan contoh yang ada pada teks yang sedang dipelajari
- kemudian guru menjelaskan kaidanya
- lalu siswa menyuruh siswa untuk membuat contoh dan latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar